-->

Pengertian Investasi, Tujuan, Manfaat, dan Jenis-Jenis Investasi

Ilustrasi gambar investasi

Pengertian Investasi, Tujuan, Manfaat, dan Jenis-Jenis Investasi

Apa yang dimaksud dengan investasi dan berikan contohnya? Apa yang disebut dengan investasi? Apa saja contoh investasi? Semua pertanyaan itu terlontar oleh kebanyakan orang karena keingin tahuannya. Mari kit acari tahu tentang investasi.

Yang pertama pengertian dari Investasi. Apa yang disebut dengan investasi ? investasi adalah aktivitas mengelola kekayaan yang kirta miliki baik itu uang ataupun sumber daya yang mana tujuannya adalah untuk memperoleh keuntungan dari aktivitas tersebut.

Atau arti lain dari investasi adalah suatu langkah atau aktivitas menempatkan modal atau kekayaan berupa uang ataupun sumber daya yang kita punya pada suatu Lembaga atau perusahaan ataupun benda yang memiliki potensi perkembangan nilai dimasa depan. Inti dari investasi adalah sebagai penyelamat aset yang kita punya dari gerusan inflasi. Dengan berinvestasi maka kita selain menyelamatkan aset juga mendapatkan kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari apa yang kita investasikan.

Dengan singkat investasi adalah penanaman modal dalam jangka waktu tertentu dan bisa memberikan keuntungan kepada investor.
Mengapa investasi sering di sebut dengan penanaman modal atau saham ? karena bisa menghasilkan keuntungan atau penambahan nilai dikemudian hari, jadi si investor bisa untung sehingga media yang diinvestasikan oleh investor itu sering disebut sebagai penanaman modal.

Contoh investasi 

Budi membeli emas di tahun 2015 seharga Rp 500.000 pergram. Emas itu disimpan oleh budi dibrangkas dengan baik. Setelah 5 tahun berlalu tepatnya tahun 2020 harga emas naik menjadi Rp 700.000 pergram. Karena tau harga mas naik, Budi kemudian menjual emasnya. Nah otomatis Budi memperoleh keuntungan Rp 200.000 pergram. Tindakan Budi pada tahun 2015 Inilah yang dinamakan investasi.

Contoh lain investasi bisa berupa investasi saham, investasi di deposito, investasi di reksadana dan lain sebagainya.


Tujuan investasi

Sebagai suatu langka investasi memiliki sebuah tujuan tergantung siapa yang melakukan investasi. Namun secara umum investasi bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari hasil berinvestasi. Saya contohkan tujuan investasi di point-point berikut :

  • Tujuan pertama yang diharapkan dalam berinvestasi adalah memperoleh keuntungan atau passive income. Mendapatkan suatu keuntungan diluar dari nilai yang kita investasikan.
  • Tujuan kedua dalam berinvestasi adalah menyelamatkan nilai aset yang kita investasikan. Misalkan kita memiliki banyak uang yang tidak terpakai dari pada diam dibank duit gak berputar maka sebaiknya digunakan untuk membeli emas yang setiap tahun harga jualnya selalu bertambah. Jika uang hanya disimpan dibank maka akan rentan terkena inflasi nilai. 
  • Tujuan ketiga dalam berinvestasi adalah menyimpan, menyisihkan atau mempersiapkan dana masa depan. Dengan kita berinvestasi yang baik maka kita berperan aktif dalam mengembangkan dana kita dimasa depan. Hasil investasi kita bisa gunakan untuk menyekolahkan anak, sebagai persiapan dana ketika kita sudah tidak bisa bekerja lagi.
  • Tujuan investasi yang keempat adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kita sendiri. Misal Budi hanya bekerja di sebuah perusahaan yang biasa-biasa saja. Namun diluar itu Budi selalu berinvestasi berupa membeli emas dan ikut program investasi seperti deposito dan reksadana. Maka Budi dari segi ekonomi pertumbuhannya akan lebih cepat dari temannya yang tidak melakukan investasi.


Manfaat Investasi


  • Manfaat yang pertama dari melakukan investasi adalah meningkatkan nilai aset dan kekayaan. Dengan berinvestasi yang baik tentu semakin hari akan semakin menambah nilai aset yang kita miliki. Sebagai passive income berinvestasi adalah cara terbaik dan termudah untuk meningkatkan kekayaan kita.
  • Manfaat yang kedua dari investasi adalah merdeka dalam hal keuangan. Dengan kata lain kita sudah tidak bergantung pada hutang karena uang yang kita punya sudah cukup untuk memnuhi kebutuhan kita sehari-hari. 
  • Manfaat yang ketiga dari investasi adalah lebih siap dalam mempersiapkan dana masa depan. Dengan kita melakukan investasi maka kebutuhan-kebutuhan kita dimasa depan akan lebih terjamin. Atau saat kita dipecat dari suatu perusahaan kita tidak bingung karena ada investasi. Dipecatpun masih bisa mendapatkan penghasilan.
  • Manfaat yang keempat dari investasi adalah membuka wawasan. Mengapa membuka wawasan ? karena dengan kita melakukan investasi maka secara otomatis kita akan menjumpai berbagai cara untuk bisa memperoleh penghasilan dengan cara yang cerdas. Mematahkan stigma bahwa menghasilkan uang itu hanya dilakukan lewat bekerja. 
  • Manfaat yang kelima dari investasi adalah menambah relasi. Kenapa relasi ? dengan kita melakukan investasi otomatis kenalan kita menjadi lebih banyak dan tak hanya banyak kenalan, mereka juga berkualitas dari segi kemampuan finansial, tidak menutup kemungkinan kita bisa seperti mereka yang sudah sukses dalam berinvestasi.


Jenis-jenis investasi

Jenis investasi yang terkenal di Indonesia adalah sebagai berikut
Dilihat dari jangka waktunya, investasi dibedakan menjadi dua yaitu investasi jangka pendek dan Investasi jangka panjang.

Investasi jangka pendek
Investasi jangka pendek adalah penanaman modal yang dapat memberi manfaat atau keuntungan dalam waktu kurang dari 12 tahun. Investor yang memilih investasi jangka pendek adalah mereka yang memilih cepatnya pencairan aset jika terjadi sesuatu yang gawat dalam hal finansial.
Dari segi manfaat tentu investasi jangka pendek memiliki manfaat untuk menyimpan dana sementara namun disamping menyimpan juga dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan.

Jenis-jenis investasi jangka pendek


  • Tabungan bank

Ya tabungan bank tergolong kedalam investasi jangka pendek karena memiliki fungsi untuk menyimpan uang dalam periode waktu tertentu. Mudah mencairkan semisal ada keadaan darurat.

  • Sertifikat Deposito

 Sertifikat deposito adalah jenis infestasi menyimpan uang dibank dengan periode tertentu.tabungan tidak bisa diambil selama waktu yang telah disepakati. Umumnya deposito mempunyai program yang bisa diambil setelah menabung 3 bulan sampai 12 bulan.

  • Obligasi 

Obligasi adalah surat yang berwujud surat hutang yang berisi perjanjian antara pemberi hutang dan penerima hutang, dalam surat itu berisi perjanjian jangka waktu pengembalian dan banyaknya bunga yang akan dibayarkan.

Investasi jangka panjang

apa yang dimaksud investasi jangka panjang ? investasi jangka panjang adalah penanaman modal dimana dana yang telah ditanamkan di sebuah aset akan diputar dan baru bisa dicairkan minimal satu tahun dari perjanjian modal awal.

Jenis-jenis investasi jangka panjang


  • Property

Property adalah salah satu instrument investasi jangka panjang yang bakal menjadikan Anda auto kaya jika menguasai ilmu finansial tentang property. Disamping nilainya terus bertambah setiap tahun, juga tidak akan tergerus oleh inflasi.

  • Saham

Saham adalah surat atau dokumen yang merupakan bukti kepemilikan nilai atas perusahaan. Biasanya para pengusaha mencari investor dengan saham.

  • Asuransi

Asuransi adalah perjanjian antara kedua belah pihak dimana pihak satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang satu berkewajiban menanggung atau bertanggung jawab atau memberi jaminan atas keselamatan atau atas diri si pembayar iuran tadi.

Nah demikian pengertian dari investasi yang dapat saya sampaikan ke kawan semuanya. Semoga bermanfaat ya. Cek juga artikel-artikel kami yang lain siapa tahu dibutuhkan. Sampai jumpa dan selamat menikmati hidup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel