-->

GAJI ASTRA HONDA MOTOR ? BERAPA SIH ? (Pengalaman kerja di PT AHM)


Memangnya berapa sih gaji Pt Astra Honda Motor atau yang sering disebut AHM ini ?. tentu pertanyaan ini Anda lontarkan saat akan mendaftar kerja di Pt ini. Atau cuma iseng – iseng cari tahu saja ? oke saya akan menjelaskan pengalaman saya bekerja selama 2 tahun di Pt Astra Honda Motor untuk level operator produksi.

Saya adalah seorang kuli pabrik lulusan SMK di Banyumas, Jawa Tengah. Seperti orang pada umumnya. Setelah lulus saya ditawari untuk masuk ke perusahaan – perusahaan terkenal khususnya di daerah Cikarang dan Karawang. Karena sekolah saya ada BKK (Bursa Kerja Khusus), jadi saya gak perlu repot – repot mencari kerjaan.

Pt Astra Honda Motor adalah perusahaan pertama saya. Awal kerja itu tahun 2016 lulus dari AHM tahun 2018. Saat itu gaji UMR adalah sekitar Rp 4.200.000. untuk orang awam kaya saya segitu merupakan nominal yang cukup besar. Oia itu adalah gaji pokok ya. Bukan gaji yang kita terima waktu akhir bulan. Karyawan AHM menerima gaji pada rentang tanggal 28 sampai akhir bulan.
Gaji di perusahaan umumnya adalah jumlah nominal UMR daerah ditambah tunjangan pekerja serta uang lembur. Jadi makin banyak lemburan, tentu gaji akan semakin naik. Diperusahaan manapun itu sama. Jadi gak serta merta “ wahh kamu kerja di AHM pasti gajinya gede ini” sama saja jika tidak ada lembur.

Mari kita jabarkan nominal gajinya. Semoga bisa membantu

Gaji yang diterima saat pembayaran gaji adalah UMR Plus tunjangan. UMR saat saya bekerja adalah Rp. 4.200.000 ditambah tunjangan uang makan, uang transpot, dan lain lain hasilnya sekitar 5,x jt. Ini gaji tanpa lembur ya teman-teman. Nah jika dengan lembur maka bisa di tambah dengan upah lembur 1 hari (sabtu atau minggu) dulu sekitar 500 ribu.

Dulu ketika masih banyak lemburan dengan UMR 4,2 saya biasanya gajian antara 6jt sampai 9jt perbulan. Mentok di 9 jt karena system shift di AHM adalah 3 shift. Ada apa dengan system 3 shift ? mari saya sedikit jelaskan.

System kerja 3 shift adalah system kerja dimana dalam 1 hari itu dibagi 3 jam kerja.

Yang pertama adalah shift 1.  jam kerjanya dari jam 07.00 sampai 16.00
Yang keduan adalah shift 2.  Jam kekrjanya dari jam 16.00 sampai 00.00
Yang ketiga adalah shift 3. Jam kerjanya dari jam 00.00 sampai 07.00

Jadi ketika kita memilih perusahaan yang memiliki system kerja 3 shift lemburan hanya ada di hari sabtu dan minggu saja. Dalam satu bulan hanya ada kurang lebih 4 hari minggu dan 4 hari sabtu , itupun sudah maksimal. Jadi ya paling 500 x 8 = 4jt. Plus gaji pokok berarti 5,xx + 4,xx = 9,xx jt. Lumayan saat itu.

Nah mungkin ditahun 2020 ini sudah mengalami kenaikan Gaji. Sector 1 perakitan otomotif mungkin UMR sudah naik jadi 5,xx juta belum termasuk tunjangan transpot dll. Oia tentang transpot di AHM dulu waktu masih kerja kisaran 500 ribu sampai 800 ribu. Dibayarkan di tanggal 15. Jadi di AHM gajian 2x yang pertama uang transpot tanggal 15 dan kedua gaji pokok + uang lembur pada tanggal 28.

Mengenai fasilitas di AHM memang sudah cukup memuaskan dan bisa mensejahterakan para karyawan. Mulai dari makanan, tempat ibadah sampai tunjangan yang sifatnya bonus.

Bonus di Pt AHM diberikan pada akhir tahun yang besarnya 1x upah untuk karyawan kontrak dan 5x upah untuk yang karyawan tetap. Pada saat saya kerja loh ya mungkin saat ini ada perubahan saya ndak tau hehe. Diluar itu juga AHM memberikan THR dengan nominal 1x upah dan bingkisan hari raya 2x plus vocher belanja. Dan setelah habis kontrak AHM akan memberikan pesangon sebesar 1x upah. Selama saya kerja di Perusahaan si emang dari segi fasilitas AHM juara wkwk. Tapi dari segi gaji ya masih banyak yang lebih gede gajinya untuk selevel operator produksi ya.

Namun tak dipungkiri bahwa lulusan AHM adalah lulusan yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan lain. Bermodal paklaring dari AHM saya bisa masuk ke perusahaan yang bisa menggaji saya lebih dari AHM sendiri wkwk.



Saran saya untuk teman – teman yang masih baru lulus jika ingin bekerja sambal belajar maka AHM adalah perusahaan yang tepat. Akan tetapi jika teman – teman memang murni pengin dapet gaji gede tentu AHM bukan merupakan perusahaan yang Anda cari. Jika ingin mengejar gaji gede, carilah perusahaan yang memiliki system kerja 2 shift. Namun jangan asal 2 shift. Dilihat juga fasilitas lain seperti bonus dan pesangon setelah selesai kontrak ya.

Saya si merekomendasikan bagi yang mau gaji gede dan kuat lemburan ya. Daftar di Toyota, Musashi, Aisin, Aisan Nasmoco Industry, Denso, Daihatzu, dan lainnya. Wkwk

Demikian semoga bermanfaat ya. Jangan lupa berkunjung dilain waktu atau mau usul artikel berikutnya bahas tentang apa boleh, bisa langsung coment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel