-->

Cara Mengatasi E: Failed To Mount System (Invalid Argument) Pada Android terbaru 2020


Heii kawan Assalamualaikum… kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu untuk teman-teman yang kesulitan mengatasi E: Failed To Mount System (Invalid Argument). Sebelum saya jelaskan mari cari tahu apa penyebab terjadinya masalah ini.

Failed To Mount System biasanya terjadi karena dua hal. Yang pertama memang asli ketidakmampuan hardware untuk menampung data didalam system. Istilahnya sudah overload wkwk. Atau karena Anda atau Opreker gagal dalam memodifikasi system android, saat menginstal custom room wkwkw kasian sekali. Kalau ini sudah terjadi maka cara satu satunya adalah mengganti IC EMMC.

Solusi Failed To Mount System

Berikut ini saya berikan 2 cara panduan untuk mengatasi masalah ini berdasarkan type Hp dan chipset yah. Jadi kondisikan sesuai Hp kalian.


1.Metode dengan Format Partisi (TWRP-All Device)

Metode ini bisa dilakukan di semua Type HP android dan bisa dilakukan tanpa Pc, dengan catatan HP android sudah terpasang TWRP. Apa itu TWRP ? wkwk (Team Win Recovery Project) adalah salah satu software open-source yang berguna untuk mempermudah instalasi system android yang bersifat open-source juga. Untuk melakukan pemasangan bisa cek google ya hehe bagi yang sudah terpasang silahkan ikuti langkah berikut ini ya.

a. Buka recovery mode
b. Klik menu “wipe"

c. Lalu klik menu “advanced wipe”


d. Kemudian cari dan centang pada kolom “system”


e. Klik menu “repair or change file system”


f. Klik “change file sistem” dikiri pojok kanan bawah.


g. Selanjutnya pilih menu “FAT”


h. Nah lalu ikuti petunjuk atau geser kekanan sesuai panah


i. Tunggu hasil dong. Setelah itu coba wipe data dan cache, jika sudah tidak ada lagi tulisan can’t mount system berarti Anda berhasil.


Itulah cara pertama yang menurut saya si mudah wkwk asal ngikuti langkah diatas. Setelah ini mari kita lanjut cara berikutnya.


2.Metode Partisi Ulang (TWRP-All Device)

Metode kedua ini juga bisa dilakukan disemua type HP namun sebelumnya teman-teman harus sudah mengetahui letak partisi system yang error pada HP masing-masing. Hal ini dilakukan karena setiap type HP memiliki perbedaan terhadap letak partisinya. Untuk mengetahui letak pertisi HP bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah tool MTK Droidtool. Selain dengan bantuan tool tadi Anda juga bisa melihat letak partisi system pada file "Updater-Script". File ini biasanya bisa kita temukan di Custom ROM.

Cara ini Akan di praktekan di HP Andromax Q yang mengalami Failed To Mount System. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ketika kita ingin melakukan dengan cara kedua maka kita wajib terlebih dahulu tahu letak partisi system. Nah pada HP Andromax Q ini terletak di mmcblk0p30 setelah tahu maka dengan gampang kita bisa menggunakan kode itu tadi untuk me repartisi system yang sedang bermasalah. Untuk lengkapnya simak ulasan dibawah ini ya.

1.Masuk ke TWRP
2.Kemudian pilih menu ADVANCED
3.Lalu buka terminal emulator
4.Setelah itu pada kolom terminal emulator ketikan perintah berikut :
(sbin/make_ext4fs -v /dev/block/mmcblk0p30)
Masukan perintah diatas ini tanpa tanda kurung buka dan tutup, kemudian GANTI KODE mmcblk0p30” dengan letak partisi milik Anda.
5.Kemudian klik enter
6.Coba lakukan wipe, dan selamat Anda berhasil

Perlu diperhatikan ketika yang error hanya system, silahkan Anda masukan kode systemnya saja, ulangi step di atas jikalau yang error lebih dari satu, misal : Failed To Mount System, Cache, Data dan Sdcard.

Demikian tutorial Cara Mengatasi E: Failed To Mount System (Invalid Argument) Pada Android, semoga bisa membantu teman-teman semua. Terima kasih.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel