-->

5 Masalah Android Yang Sering Terjadi dan Cara Penanganannya (Toubleshooting Android)

5 Masalah Android Yang Sering Terjadi - Pada jaman sekarang ini, hampir semua ponsel pintar (smartphone) atau tablet menggunakan sistem operasi android. Selain harganya yang terjangkau bagi semua kalangan, desain dari smartphone android pun tidak kalah keren dengan handphone-handphone branded yang harganya jauh lebih mahal.

masalah hp android dan cara mengatasinya

5 Masalah Android Yang Sering Terjadi serta Cara Penanganannya (Troubleshooting Android)
Terlepas dari itu, smartphone android juga memiliki beragam masalah diantaranya hang ataupun komsumsi baterai yang cukup boros. Pun demikian, Software yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Google tersebut sangat diminati oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan, sistem operasi android cukup terbuka bagi para developer. Sehingga mereka (dalam hal ini, pengembang) memungkinkan untuk merubah tampilan dari sistem tersebut.

Lalu, apa saja masalah yang sering terjadi pada Android dan bagaimana cara penanganannya, simak penjelasannya dibawah ini.

5 Masalah Android yang sering terjadi

1. Hang

Masalah ini mungkin jarang terjadi pada smartphone yang mempunya spesifikasi tinggi. Namun, untuk smartphone kelas menengah masalah hang pada android bukan hal yang aneh. Jika smartphone anda terjadi hang, lakukan penanganan-penanganan yang tepar agar smartphone anda kembali seperti semula. Anda hanya perlu secara rutin membersihkan file cache, File inilah yang sering membuat smartphone anda mengalami masalah hang.

2. Baterai Cepat Boros

Masalah android yang kedua ini sering terjadi dikarenakan pemakaian yang tidak wajar atau berlebihan sehingga baterai smartphone android anda jadi cepat boros. Cara penangananya, anda bisa coba menggunakan smartphone jika ada kepentingan saja (seperti menelfon, nonton video dan internet sewajarnya).

Wifi pastikan dalam keadaan mati jika anda tidak menggunakannya, dan tingkat kecerahan layar pada smartphone dapat memperngaruhi masalah ini, jadi disarankan untuk seminimal mungkin atur tingkat kecerahan.

3. Smartphone Cepat Panas

Masalah ini sering dialami pengguna smartphone karena penggunaannya secara intens dan menggunakan jaringan internet ketika jaringan tidak stabil (berada di pedalaman, misalnya). Cara mengatasinya jelas matikan data seluler ponsel anda ketika jaringan sedang kurang baik, dan mengurangi membuka aplikasi secara bersamaan (multitasking) dalam waktu singkat

4. Bootloop

Masalah bootloop pada smartphone android memang sering terjadi, diawali dengan smartphone sering terjadi hang lalu tiba-tiba mati. Cara mengatasi masalah yang satu ini cukup rumit dan hanya bisa dilakukan oleh orang terlatih (tukang Service Smartphone).

5. Aplikasi Berhenti

Masalah yang terakhir ini pun sering terjadi pada smartphone android, dimana aplikasi yang terinstall merespon lebih lama dari biasanya (berhenti). Ini terjadi karena terlalu banyaknya penggunaan ROM untuk aplikasi di smartphone anda.

Solusinya dengan cara membersihkan file-file sampah (cache) untuk aplikasi yang tidak digunakan, Anda bisa menggunakan aplikasi bantuan untuk menghapus file ini seperti, Clean Master atau yang lainnya.

Sebetetulnya mungkin masih banyak masalah yang dialami para pengguna smartphone android yang tidak disebutkan pada artikel ini tentang 5 masalah android yang sering terjadi dan cara penanganannya (troubleshooting android). Semoga memberikan solusi dan dapat bermanfaat.

Baca Juga : 15 Hp Gaming Murah Terbaik Harga 1 jutaan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel