-->

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setelah Shalat Fardhu

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setelah Shalat Fardhu - Tholabul 'ilmi atau dalam bahasa Indonesia menuntut ilmu bisa dilakukan setiap muslim untuk mendapatkan ilmu dalam memperlajari ilmu agama berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits.

keutamaan membaca ayat kursi setelah shalat

Menuntut ilmu agama penting bagi setiap muslim, agar kelak nanti kehidupan yang dijalani sehari-hari sesuai dengan syariat-syariat Islam.

Kali ini saya ingin bercerita mengenai pembahasan pengajian rutin setiap minggunya yang ada di kampung tempat saya tinggal yang membahas tentang Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setelah Shalat Fardhu.

Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Arab-Latin: allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm

Terjemah Arti: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setelah Shalat Fardhu


Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

"Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram).

Ustadz mengartikan lebih lanjut mengenai Hadits yang sudah dijelaskan atas bahwa sekalipun kita mempunyai kesibukan yang padat, setelah melaksanakan kewajiban shalat fardhu untuk membaca ayat kursi.

Karena hanya kematian yang menjadi penghalang bagi setiap Muslim yang membaca ayat kursi setelah shalat.

Pengajian ditutup dengan Do'a dan shalat fardhu isya berjamaah.

Sekian penjelasan tentang keutamaan membaca ayat kursi setelah shalat fardhu yang saya dapatkan. Disini saya hanya berniat membagikan kepada anda semua. Bukan bermaksud untuk menggurui. Karena saya juga dalam proses belajar memperdalam ilmu agama. Terimakasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel