-->

Bukan Malas, Ibu Hamil Sering Lelah Karena Alasan Ini

ibu hamil

Ibu hamil terkadang dicap malas lantaran sulit bangun untuk beraktivitas. Sebenarnya hal itu belum tentu benar, karena banyak hal yang bisa membuat ibu hamil merasa lelah atau sulit melakukan beragam aktivitas sehingga tampak seolah tidak bersemangat atau malas.

Meski berat badan ibu hamil muda belum banyak bertambah, namun banyak yang mengeluh sering merasa kelelahan. Sebagian wanita baru merasakannya pada usia kehamilan tujuh bulan, namun ada juga yang mengalami rasa lelah tersebut sepanjang kehamilan.

Berikut beberapa alasan ibu hamil merasakan kelelahan yang sering disalahartikan sebagai alasan malas beraktivitas:

#1. Perubahan hormon 

Salah satunya adalah peningkatan hormon progesteron. Hormon ini dapat memicu rasa kantuk pada ibu hamil. Selain itu, tubuh mengalami produksi darah disertai dengan penurunan tekanan darah dan kadar gula. Sayangnya, meski sering merasa mengantuk, banyak ibu hamil muda yang tidak merasakan tidur malam nyenyak karena sering buang air kecil.

#2. Perubahan emosional 

Faktor emosi sangat memengaruhi kondisi fisik ibu hamil, termasuk ketika merasakan cemas. Ada beragam hal yang biasanya menjadi hal yang dicemaskan ibu hamil, termasuk kondisi kesehatan bayi, persiapan menjadi ibu, hingga perasaannya tentang kehamilan tersebut. Ibu hamil perlu mengatasinya agar tidak berlanjut menjadi depresi.

#3. Mual dan muntah

Meski sering disebut morning sickness, namun sebenarnya mual dan muntah pada ibu hamil bisa berlangsung kapan saja sepanjang hari. Banyak energi yang terkuras saat ibu hamil merasakan mual dan muntah, sehingga memungkinkan ibu hamil merasa kurang bergairah dalam beraktivitas.

#4. Anemia

Jangan cepat-cepat menganggap ibu hamil malas. Bisa jadi lelah yang dirasakan ibu hamil terkait dengan anemia defisiensi zat besi. Untuk memastikan kondisi tersebut, dokter perlu melakukan tes darah. Umumnya dilakukan pada awal trimester pertama, menjelang akhir trimester kedua, ataupun awal trimester ketiga.

#5. Penambahan berat badan

Terutama pada usia kehamilan trimester ketiga, ibu hamil akan lebih sering merasa kelelahan. Hanya saja, saat ini alasannya karena semakin bertambahnya berat bayi dan juga berat badan ibu. Hal ini dapat memicu sulit tidur pada ibu hamil dan sering buang air kecil, yang kemudian menyebabkan rasa lelah.

Mulai sekarang hindari menganggap ibu hamil sebagai pribadi yang malas atau pun sebutan lain, karena kemungkinan hal itu disebabkan oleh perubahan fisik yang dialami. Ibu hamil justru membutuhkan banyak dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar agar tetap sehat hingga persalinan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel