-->

Pengertian Dan Fungsi Disclaimer Serta Cara Membuatnya


Disclaimer adalah suatu pernyataan dari pemilik blog atau website yang menjelaskan bahwa blog atau website tersebut tidak bisa di ganggu gugat. 

Melihat dari fungsi pada dasarnya, Disclaimer mengandung reaksi penolakan terhadap opini atau pernyataan dari pengunjung ke blog tersebut.
Saya kasih contoh begini untuk disclaimer, ketika kamu komentar pada postingan ini, pemilik blog tidak bertanggungjawab atas komentar kamu dan komentar kamu semua adalah tanggung jawab kamu sebagai pengomentar. Mengerti? Semoga mengerti ya, hehe.

Kamu pernah melihat pada video yang berisi konten ''kekerasan"? Biasanya sebelum video tersebut di putar akan ada peringatan disclaimer dari pemilik video bahwa videonya tersebut berisi konten "kekerasan". Ketika kamu menonton video tersebut itu bukan lagi tanggungjawab sang pemilik video melainkan kamu sendiri.


Semua blog atau website profesional, pemasangan disclaimer pasti akan dilakukan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dapat juga menjadikan sebuah blog terlihat profesional.

Lantas, Untuk cara memasang disclaimer di blog, berikut saya akan jelaskan step by step setiap langkahnya.

1. Masuk Browser
Untuk hal pertama yang harus kamu lakukan ialah harus masuk browser di dalam handphone kamu bisa Chrome, atau peramban lainnya dan ketikkan url (www.privacypolicyonline).
2. Disclaimer Generator
Oke, setelah masuk ke dalam alamat website tersebut diatas kamu tingga pilih Disclaimer Generator seperti contoh gambar dibawah.
3. Mengisi Form yang tersedia.
Setelah kamu mengikuti tahap dua, sekarang kamu tinggal membuat disclaimer tersebut dengan mengisi kolom kosong yang telah tersedia pada website tersebut, seperti Your Site Title ini maksudnya Judul Blog kamu misal All About Tutorial saya kasih contohnya, lalu kolom kedua diisi dengan alamat url blog kamu, (ex. contohblog.blogspot.com, kolom ketiga adalah contact biarkan saja seperti itu, lali memasukkan alamat email kamu.
4. Generate Disclaimer
Tahap selanjutnya kamu tinggal tekan tombol generate disclaimer pada halaman tersebut letaknya berada paling bawah sebelah kanan.
5. Copy Pastekan Kode HTML 
Tahap selanjutnya kamu tinggal copy, lalu ke dashboard blogger untuk membuat postingan baru. Lalu pastekan di postingan baru tersebut tapi pilih HTML ya gengs. Jangan memilih compose karena yang akan kita masukkan ini kode html bukan tulisan biasa seperti compose.


6. Publikasikan postingan
Ini adalah tahap terakhir, kamu tinggal publikasikan postingan kamu tersebut, untuk letak disclaimer ini paling pas jika di taruh di footer blog atau bagian paling bawah dalam sebuah blog.

Sekian. Selamat mencoba.
Bagi yang belum faham cara membuat nya atau yang masih bingung bisa tulis di komentar, insyaallah saya akan membantu kalian yang masih kesulitan:)
Tinggalkan jejak dengan memberi komentar positif untuk blogger cerdas. Hehe. Saya tunggu gengs.
Subscribe Youtube Kami:

Like Facebook Kami:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel