-->

Cara Membuat Blog dalam 5 Langkah Prioritas (khusus Pemula)

Cara Membuat Blog - Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata "Blog" ?
Penjelasan menurut artinya, Blog adalah sebuah aplikasi website yang berisi konten (tulisan-tulisan) tertentu yang bisa diakses oleh semua pengguna Internet.

Saya akan berikan gambaran singkatnya seperti ini, ketika anda mencari sebuah informasi (apapun itu baik untuk tugas sekolah, kantor maupun yang lainnya) yang ada di Internet pada mesin pencari (dalam hal ini : Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya) akan bermunculan website-website pada halaman mesin pencari tersebut seputar kata kunci (keyword) yang anda ingin cari yang memberikan segala informasi melalui halaman situs tersebut.

cara membuat blog dalam 6 langkah prioritas khusus pemula

Selain untuk kegiatan berbagi informasi lewat tulisan, dengan Blog anda bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah dengan memasang iklan AdSense (Google) maupun iklan non-adsense (selain Google) di Blog-nya dengan melakukan persiapan yang matang sebelum memulai membuat blog.

Mengapa membuat blog perlu melakukan persiapan?

Bukankah membuat blog tinggal ke website/platform penyedia blog gratis seperti Blogger, Wordpress, Joomla. Lalu menulis konten artikel yang diposting pada halaman blog tersebut.

Tidak semudah yang dibayangkan, banyak dari sebagian Blogger pemula yang pada akhirnya gagal dalam 2-4 bulan pertama setelah membuat blog.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Jawabannya, karena mereka tidak melakukan persiapan dan membuat blog asal-asalan.

Blog asal-asalan yang dimaksudkan ialah:

  • Topik campur sari.
  • Konten tidak memiliki kualitas.
  • Promosi blog tidak jelas dan serba berantakan.
Ketiga alasan diatas yang membuat sulit mendapatkan pengunjung blog, dan akhirnya mereka bosan mengupdate artikel lalu menyerah.

Sangat pentingnya melakukan persiapan, sehingga anda tidak membuang-buang waktu, pikiran, tenaga, dan uang.

Maka dari itu, sebelum membuat blog saya akan menjelaskan terlebih dahulu persiapan apa saja yang wajib dilakukan.

5 Langkah Prioritas sebelum Membuat Blog

Sebelum memulai membuat blog, pastikan anda melakukan persiapan dengan 6 langkah prioritas sebagai berikut, apa saja? berikut ulasannya.

1. Menentukan Topik Utama Blog

Topik adalah sebuah kerangka dalam membuat blog, topik ini yang menentukan mau dibawa kemana blog anda nantinya.

Untuk itu saya menyarankan untuk memilih topik yang memang anda suka dan orang lain menyukainya. Bila masih bingun, coba sesuaikan dengan hobi, passion atau tujuan anda dalam membuat blog.

Simpelnya seperti ini, ketika anda menyukai suatu bidang tertentu, misal anda menyukai bahasa pemrograman lantas topik utama blog anda full membahas pemrograman.

Beda halnya dengan anda menyukai bahasa pemrograman, lantas memilih topik utama blog tentang memasak, pasti anda cepat bosan dan tidak memiliki banyak inspirasi untuk membuat artikel selanjutnya, apalagi yang berkualiatas. Bukan begitu?

Apa yang terjadi?

Blog anda sepi dari pengunjung. Ketika blog sepi anda akan cepat merasa bosan.

2. Memilih Platform Blog

Platform blog adalah tempat atau situs website yang menyediakan akun blog.

Platform ini terbagi menjadi dua macam diantaranya, Hosted dan Self-hosted.

Hosted artinya blog anda "menumpang" pada situs penyedia akun blog seperti blogspot(dot)com (seperti yang terdapat pada blog ini) atau wordpress(dot)com.

Sedangkan Self-hosted kebalikannya.

Jika anda membuat blog menggunakan self-hosted, artinya blog tersebut 100 persen dibawah kendali anda (pemilik blog), namun anda wajib membayar untuk hosting dan nama domainnya.

3. Menentukan Judul dan Domain Blog

Setelah anda memilih tempat untuk platform blog, selanjutnya menentukan judul blog dan domain blog yang akan digunakan pada blog anda nantinya.

Dalam menentukan judul sangat dianjutkan agar sesuai dengan topik blog anda. Sedangkan untuk domain dianjurkan menggunakan domain (dot)com, karena domain ini yang sangat populer di kalangan blogger.

Walaupun demikian anda bisa menggunakan domain lainnya seperti (.net, . co, .id dan lainnya)

Bila anda setuju dengan saya domain (dot)com yang paling populer, anda bisa memilih dengan membeli domain di Niagahoster, hanya dengan Rp. 125 rb dan menyelesaikan pembayarannya, anda sudah bisa memiliki domain (dot)com.

Hosting Unlimited Indonesia

4. Pilih Tema Blog

Tema adalah sebuah tampilan yang ada pada blog. Dalam memilih tema ini sangat dianjurkan yang Responsive, Mobile-friendly, dan lainnya.

Tema sangat berpengaruh untuk menjadikan visitor betah pada blog anda dan mencari artikel-artikel yang ada pada blog anda.

Bisa dibayangkan, ketika blog anda tidak enak dipandang. Jangankan visitor blog, anda juga saya rasa tidak akan betah berlama-lama walaupun itu blog anda, Betul begitu?

5. Mulai Dengan Menulis Konten (artikel)

Ini adalah langkah terakhir dari 5 langkah prioritas sebelum anda mulai membuat blog.

Setelah poin 1-4 telah dilalui, mulailah dengan menulis konten artikel untuk mengisi blog anda.

Jika anda membuat blog sesuai dengan hobi, passion atau tujuan dibuat blog, pasti langkah ini tidak akan membuat anda kesulitan.

Penutup

Sebelum mengakhiri pembahasan kita disini, saya doakan semoga anda semua diberi kesehatan dan memiliki ide-ide yang berguna bagi pengguna internet, itulah tadi Cara Membuat Blog dalam 5 Langkah Prioritas (Khusus Pemula). Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel