-->

Pengertian Komputer : Definisi, Elemen, Fungsi Dan Komputer Rakitan

Pengertian Komputer Adalah

Secara umum, pengertian dari Komputer adalah suatu alat elektronik yang digunakan sebagai alat pengolah data yang telah dirumuskan sebelumnya menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi banyak penggunanya.

Sumber Gambar: Pixabay

Defisini Komputer

Definisi lain dari Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen berfungsi dan dirancang untuk membantu suatu pekerjaan penggunanya.

Elemen Komputer

Pada umumnya, komputer memiliki tiga elemen utama yakni :

  1. Perangkat Keras (Hardware) yang terdiri dari Processor, RAM, Hardisk, Motherboard dan CPU.
  2. Perangkat Lunak (Software) Sistem operasi dari beberapa kumpulan aplikasi yang di masukkan kedalam Hardware untuk membantu penggunanya.
  3. Pengguna Komputer (Brainware) adalah orang yang bertindak menjalankan atau memberikan tugas kepada Komputer.

Fungsi Komputer


Berbicara mengenai Fungsi Komputer adalah beragam, ini tergantung kepada user yang mengoperasikan. Mengacu pengertian komputer diatas, inilah fungsi atau tugas utamanya antara lain:

1. Data Input

Komputer memiliki fungsi sebagai data input dari komputer lain yang dikerjakan oleh keyboard, Mouse dalam sebuah perangkat komputer.

2. Data Processing

Fungsi kedua dalam suatu perangkat komputer ialah sebagai data processing, data yang di terima dan di input oleh komputer lalu dilanjutkan dengan memprosesnya untuk menghasilkan output yaitu sebuah informasi. Umumnya data yang diolah berupa teks, video, audio, gambar, dan lainnya.

3. Data Output

Fungsi utama ketiga dari komputer ialah sebagai data output, data yang diolah dijadikan sebuah output. Data tersebut disajikan dalam tampilan monitor.

4. Data Storage

Fungsi lain dari komputer adalah sebagai data storage. Data yang telah di kerjakan komputer bisa di ambil atau di gunakan kembali. Data tersebut disimpan dalam sebuah memori internal yang terdapat didalam sebuah perangkat komputer.

5. Data Movement 

Fungsi terakhir dari komputer adalah sebagai data Movement, data yang tersimpan di komputer dapat dengan mudah di pindahkan ke perangkat komputer lainnya.

Komputer Rakitan

Mengenai jenis-jenis Komputer yang sudah ada seperti Komputer Portabel, Komputer Palmtop, Komputer Desktop dan lainnya, ada juga jenis komputer rakitan.

Pengertian dari Komputer Rakitan adalah suatu perangkat komputer yang di dapatkan secara terpisah dan didapatkan dari berbagai toko elektronik yang menjual perangkat tersebut, misalnya CPU, RAM, MOTHERBOARD dan lainnya.

Kelebihan Dan Kekurangan

Kelebihan Komputer Rakitan:

1. Lebih mudah mengklaim garansi, karena cukup dengan membawa komponen yang rusak saja.
2. Dapat memilih spesifikasi komponen sesuai kebutuhan.
3. Mudah dalam melakukan modifikasi dan upgrade komponen sesuai keinginan.
4. Jika ada salah satu hardware yang rusak,  kita dapat dengan mudah membeli di pasaran.

Kekurangan Komputer Rakitan:

1. Boros Penggunaan Listrik
2. Tidak tahan banting
3. Terdapat komponen yang kurang berkualitas di pasaran dan harus pintar memilih serta memilah setiap komponen yang tersedia di pasaran.

Itulah mengenai pengertian komputer dari definisi komputer, elemen dan fungsi serta Komputer Rakitan. Semoga bermanfaat.

Subscribe Youtube Kami:

Like Facebook Kami:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel