-->

Cara Menambah Widget Sosial Media Keren di Blog

Tutorial Lengkap - Pernahkan anda melihat suatu blog yang terpasang sosial media? Jika sudah bagaimana pendapat anda prihal itu? Apakah anda ingin juga memasang widget sosial media seperti blog-blog lain. Tenang, disini saya akan memberikan tutorialnya tentang cara menambah widget sosial media keren di blog.

cara menambah widget sosial media keren di blog

Sebelum ke inti pembahasan kita kali ini, mari simak mengenai fungsi dan tujuan dari pemasangan widget sosial media di Blog.

Fungsi dan Tujuan dari Widget Sosial Media di Blog

1. Mengenal Produk atau Jasa

Dengan menambahkan widget sosial media di blog, semisalkan blog anda menjual produk atau jasa tentu bisa dapat lebih mengenal tentang produk atau jasa yang anda tawarkan. Jadi memiliki potensi keberhasilan yang sangat tinggi.

2. Menambah Followers

Tentu menambah followers memang merupakan suatu tujuan inti dari pemasangan widget sosial media ini. Secara tidak langsung, pemasangan widget ini memberikan dampak yang signifikan dalam hal menambah jumlah followers anda di Instagram, Facebook, Pinterest, dan Youtube.

3. Popularitas

Dampak dari pemasangan widget sosial media selain yang saya sebutkan diatas, juga dapat menambah popularitas anda di media sosial. Yang artinya anda berpotensi dapat dikenal oleh banyak orang yang menjadi visitor atau pengunjung blog.

4. Lebih Dekat dengan Audiens

Cara mendekatkan dengan audiens (followers) anda di media sosial, penambahan widget ini berfungsi untuk lebih mendekatkan hubungan antara anda (pemilik blog) dengan audiens (pengunjung blog).

5. Mengubah tampilan Blog

Nah ini yang penting, dengan memasang widget sosial media, membuat tampilan blog anda menjadi lebih keren. Selain 4 poin yang telah saya rinci diatas tersebut.

Setelah anda mengetahui tentang fungsi dan tujuan dari pemasangan widget sosial media bagaimana? apakah anda tertarik untuk memasangnya di blog? Jika Ya, mari kita mulai tutorialnya.

Siapkan segelas kopi atau teh hangat terlebih dahulu sobat..

Cara Menambah Widget Sosial Media Keren di Blog

Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk menambah widget sosial media keren yang terletak di footer blog sobat diantaranya:

1. Pastikan sebelum memulai, anda sudah memiliki akun blog, Jika belum silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang cara membuat blog di blogger.com.

2. Pada dashboard blog sobat, pilih "Tema", lalu pilih "Edit HTML".

3. Cari kode dibawah ini (atau tekan ctrl + f pada keyboard)
 <div id='footer-widget-container'>
 <b:section class='footer-widget' id='footer-widget' maxwidgets='1' showaddelement='yes'>
4. Lalu, letakkan kode dibawah ini tepat dibawah kode pada poin 3.
<b:widget id='HTML4' locked='false' title='FOLLOW ME!' type='HTML' version='1'>
     <b:widget-settings>
       <b:widget-setting name='content'>&lt;!-- social media button start --&gt;
  &lt;ul class=&#39;nav-social&#39;&gt;
  &lt;li&gt;&lt;a class=&#39;fcb&#39; href=&#39;https://www.facebook.com/eldirosa&#39; rel=&#39;nofollow&#39;&gt;&lt;i class=&#39;fa fa-facebook-square fa-2x&#39;/&gt;&lt;/i&gt;&lt;/a&gt;
  &lt;/li&gt; 
  &lt;li&gt;&lt;a class=&#39;igicon&#39; href=&#39;https://www.instagram.com/eldirosa_/&#39; rel=&#39;nofollow&#39;&gt;&lt;i class=&#39;fa fa-instagram fa-2x&#39;/&gt;&lt;/i&gt;&lt;/a&gt;
  &lt;/li&gt;
  &lt;li&gt;&lt;a class=&#39;gpl&#39; href=&#39;https://id.pinterest.com/eldirosa/&#39; rel=&#39;nofollow&#39;&gt;&lt;i class=&#39;fa fa-pinterest-square fa-2x&#39;/&gt;&lt;/i&gt;&lt;/a&gt;
  &lt;/li&gt;
  &lt;li&gt;&lt;a class=&#39;twt&#39; href=&#39;https://twitter.com/eldiirosa&#39; rel=&#39;nofollow&#39;&gt;&lt;i class=&#39;fa fa-twitter-square fa-2x&#39;/&gt;&lt;/i&gt;&lt;/a&gt;
  &lt;/li&gt;
        &lt;li&gt;&lt;a class=&#39;ytb&#39; href=&#39;https://www.youtube.com/channel/UCPTpp-yU5jFyzo6Jz2jix1w&#39; rel=&#39;nofollow&#39;&gt;&lt;i class=&#39;fa fa-youtube fa-2x&#39;/&gt;&lt;/i&gt;&lt;/a&gt;
  &lt;/li&gt;
  &lt;/ul&gt;
  &lt;!-- social media button end --&gt;</b:widget-setting>
     </b:widget-settings>
 Catatan: 1. Ubah kode url berwarna merah dengan url sosial media sobat.

5. Akan terlihat seperti gambar ini.

cara menempatkan widget sosial media keren di blog

6. Simpan tema untuk mengakhiri tahapannya dan lihatlah hasilnya.

7. Selesai.

Jika widget sosial media tidak tampil pada halaman blog anda, silahkan tanyakan kepada saya pada kolom komentar dibawah postingan ini.

Berikut tadi tutorial tentang cara menambah widget sosial media keren di blog yang bisa diterapkan pada blog anda. Semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel